082232341250

Minggu, 14 Februari 2016

Board Game dan Card Game bisa menjadi Media Belajar Alternatif

Board Game dan Card Game bisa menjadi Media Belajar Alternatif


Pada umumnya media belajar yang biasa kita gunakan adalah buku paket yang berisi materi pembelajaran dan software aplikasi edukasi yang bisa diinstal di smartphone maupun komputer. Dengan cepatnya perkembangan teknologi sumber dan media belajar sekarang sangat mudah diakses dan ditemukan dimanapun dan kapanpun. Meskipun teknologi sekranga berperan penting dalam perkembangan pendidikan, tapi ada hal yang sekarang mulai dilupakan oleh banyak orang mengenai pentingnya sebuah permainan dalam sebuah pembelajaran seperti halnya Board Game dan Card Game. Mungkin sebagian orang pernah berpikir dan bertanya-tanya seperti ini: 
  • Apa sih Board Game dan Card Game itu? 
  • Apa manfaatnya sebuah permainan untuk mendidik anak?
  • Apa hubungannya permainan berupa Board Game dan Card Game dengan pendidikan?

Oke, jadi sebelum saya membahas tentang Board Game dan Card Game bisa menjadi Media Belajar Alternatif, sebaiknya saya jelaskan secara singkat tentang Board Game dan Card Game. Seperti yang kita ketahui Board Game yaitu sebuah permainan yang menggunakan papan atau alas, contohnya: Monopoly, Ular Tangga, Scrabble, Catur, dan sebagainya. Sedangkan Card game yaitu permainan berupa kartu, contohnya: Uno, Kwartet, Flash Card, Kartu aktivitas, dan sebagainya. Contoh yang saya sebutkan merupakan permainan yang sering kita jumpai sebelumnya dan sebenarnya masih banyak lagi permainan yang belum kita ketahui dan ternyata bisa digunakan sebagai Media Belajar dan mengisi waktu bersama keluarga. Dan perlu diketahui, Permainan sangat bermanfaat untuk edukasi anak, kenapa?

Kita simak manfaat berikut ini:
  • Mengasah kemampuan berpikir dan kreatifitas
  • Mengasah kemampuan dalam menyusun strategi
  • Mengasah ketelitian dalam menyelesaikan sesuatu
  • Menjadi lebih aktif, bersosialisasi dan komunikatif
  • Menanamkan rasa saling menghormati, keakraban dan kejujuran.
  • dan masih banyak manfaat lainnya

Seperti kita ketahui, akhir-akhir ini kita melihat dengan perkembangan teknologi yang tidak diikuti pemahaman dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi mengakibatkan anak menjadi individual, kurang bersosialisasi, tidak peduli dengan orang lain, menjadi pasif dan bergantung pada teknologi yang ada. Oleh karena itu, peran permainan berupa Board Game dan Card Game sangat penting demi mengembalikan sesuatu yang hilang karena terkena dampak oleh teknologi.
Board Game dan Card Game bisa menjadi Media Belajar Alternatif dalam sebuah pembelajaran selama dalam permainan tersebut kita masukkan unsur edukasi di dalamnya. Karena permainan yang memiliki unsur edukasi dapat membantu memberikan pemahaman dalam pembentukan karakter, kepribadian maupun pengetahuan dalam pembelajaran di sekolah.
Berikut ini merupakan contoh penggunaan Board Game dan Card Game yang saya gunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan mengasah kemampuan berpikir, ketelitian dan mengingat anak.
Berikut ini dokumentasi video dalam kegiatan Edu Playday


Dari contoh diatas, bisa disimpulkan bahwa permainan seperti Board Game dan Card Game juga memiliki unsur edukasi dan bisa digunakan sebagai media alternatif dalam pembelajaran.

Semoga bermanfaat.


Sekian yang dapat saya bagikan Mengenai Board Game dan Card Game bisa menjadi Media Belajar Alternatif. Jika anda masih ada yang ingin ditanyakan, atau memberikan saran maupun berterima kasih, silahkan Berkomentar di kolom komentar yang ada di bawah ini. Jika menurut anda halaman ini bermanfaat silakan share ke Jejaring Sosial, dengan klik Like, G+, Share di Twitter di bawah ini. Dukung Blog ini agar tetap aktif untuk membagikan ilmu yang bermanfaat. Terima Kasih.

2 komentar:

  1. Bisa bagi game nya pak? Hhe
    Sangat menarik sepertinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. beberapa permainan bisa dibeli di gramedia maupun toko buku lainnya.

      Untuk yang permainan Suro lan Boyo, English Math dan Notice saya baru produksi terbatas. Mungkin jika ingin sharing cara pembuatannya bisa saya bantu. :)

      Hapus

Win Comp Magic

Win Comp Magic
Jasa Pelatihan & Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif, Hiburan Mendidik, Kursus sulap dan Pertunjukan sulap